20120906

Peralatan Akses Internet

Kalian kan udah pada bisa internetan, tapi tau gak lo internet tuh make apa aja?
Gak tau kan lo? Makanya belajar....!

Nih deh gue kasih tau peralatan buat ngakses internet.

RJ-11
Apa itu RJ-11?
Konektor RJ-11 adalah standar konektor yang dimanfaatin pada pasangan 2-4 (kawat) kabel telepon. RJ singkatan dari “Registered Jack” – sebuah interface konektor fisik yang paling sering digunakan untuk terminal kabel telepon.
Meskipun konektor RJ-11 memiliki total 6 posisi konektor, biasanya baik hanya 2 atau 4 benar-benar dimanfaatkan. RJ11 konektor kabel datang dalam dua kabel standar flat-satin dan Unshielded Twisted Pair (UTP).
RJ-11 itu tuh yang paling familiar dengan jack terdaftar, karena fakta bahwa hampir semua garis tunggal (POTS) jack telepon di kebanyakan rumah dan kantor di Amerika Utara menggunakan jenis konektor, serta sejumlah negara lainnya.

RJ-45
Apa itu RJ-45?
Konektor RJ-45 adalah kabel Eternet yang biasa digunakan dalamopologi jaringan komputer LAN maupun jaringan komputer tipe lainnya. Konektor RJ-45 ini punya dua macam konfigurasi sesuai dengan perangkat yang ingin dihubungkannya.


Kabel UTP
Apa itu kabel UTP?

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah suatu kabel yang digunakan sebagai media penghubung antar komputer dan peralatan jaringan (hub atau switch). Kabel UTP merupakan salah satu kabel yang paling populer sewaktu kalau membuat suatu jaringan komputer, dibandingkan dengan kabel lain kabel UTP merupakan kabel yang sering dipake untuk membuat jaringan komputer. Kabel ini isinya empat pasang kabel yang tiap pair-nya dipilin (twisted) atau disusun spiral atau saling berlilitan. Keempat pasang kabel (berarti jadinya delapan kabel) yang menjadi isi kabel berupa kabel tembaga tunggal yang berisolator. Kabel ini gak ada pelindungnya (unshilded) sehingga kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik. Yang dimaksud dengan kabel UTP adalah hanya kabelnya, sedangkan untuk menhubungkannya ke komputer pake konektor RJ-45 yang udah gue jelasin tadi.

Penyusunan Kabel UTP Cross dan Straight
Bagaimana cara memasang kabel UTP tipe Straight dan Cross?
Jujur ini yang paling males gue tulis. Tapi kita harus saling sharing ilmu supaya pahalanya banyak amin...
Kita mulai dari STRAIGHT!
  1. Kupas ujung kabelnya kira-kira 1 cm-an, sampe kabel kecil-kecil yang ada di dalemnya keliatan.
  2. Pisangkan kabel-kabel itu dan lurusin. Terus susun dan rapihin menurut warnanya yaitu Orange Putih, Orange, Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Coklat Putih, dan Coklat. Abis itu potong ujungnya supaya jadi pada rata semua.
  3. Kalo udah tersusun, ambil Jack RJ-45. Jack ini kan, punya 8 pin. Pin 1 dari jack ini adalah pin yang adanya paling kiri kalo posisi pinnya ngadep ke kalian. Berurut ke kanan itu jack 2, 3, dan seterusnya.
  4. Abis itu masukin kabel-kabelnya ke dalem Jack RJ-45 sesuai dengan urutan yang tadi itu, kayak gini:
    • Orange Putih pada Pin 1
    • Orange pada Pin 2
    • Hijau Putih pada Pin 3
    • Biru pada Pin 4
    • Biru Putih pada Pin 5
    • Hijau pada Pin 6
    • Coklat Putih pada Pin 7
    • Coklat pada Pin 8
    Masukin kabel tersebut sampe ujungnya mentok ke dalem jacknya.
  5. Masukin Jack RJ-45 yang udah terpasang sama kabel tadi ke dalem mulut tang crimping yang sesuai sampe bagian pin Jack RJ-45 ada di dalem mulut si tang. Sekarang jepit jack tadi pake tang crimping sampe semua pin nancep ke kabel. Biasanya sih kalo pin jack udah nancep itu bakalan ngeluarin suara “klik”.
Sekarang kan udah selesai tuh masang jack RJ-45 ke ujung kabel pertama. Buat ujung kabel yang kedua, langkah-langkahnya sama kayak pemasangan ujung kabel pertama tadi. Makanya, jangan males ngulangin langkah-langkah yang tadi buat masang Jack RJ-45 ke ujung kabel yang kedua.

Sip, sekarang kita beralih ke CROSS!
Cara pemasangan kabel UTP tipe cross hampir sama kayak masang kabel UTP tipe straight. Mengenai teknis pemasanganya sama seperti tadi. Bedanya cuma urutan warna kabel di ujung kabel yang kedua. Buat ujung kabel pertama, susunan kabel sama kayak susunan kabel UTP tipe straight yaitu:
  • Orange pada Pin 1
  • Orange Putih pada Pin 2
  • Hijau pada Pin 3
  • Biru pada Pin 4
  • Biru Putih pada Pin 5
  • Hijau Putih pada Pin 6
  • Coklat Putih pada Pin 7
  • Coklat pada Pin 8
Nah, buat ujung kabel yang kedua, susunan warnanya beda, gak kayak ujung pertama. Susunan warnanya tuh kayak gini:
  • Hijau Putih pada Pin 1
  • Hijau pada Pin 2
  • Orange Putih pada Pin 3
  • Biru pada Pin 4
  • Biru Putih pada Pin 5
  • Orange pada Pin 6
  • Coklat Putih pada Pin 7
  • Coklat pada Pin 8
Susunan kabel tadi bisa kalian lihat pada gambar.
Nanti akhir-akhirnya bakalan jadi kayak gini.
Kesimpulannya adalah kalo kalian masang kabel UTP tipe straight maka susunan warna pada kedua ujung kabel adalah sama. Sedangkan cara pemasangan UTP tipe cross, susunan warna ujung kabel pertama berbeda dengan ujung kabel yang kedua.

Modem
Apa itu modem?
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Modem Eksternal
Modem eksternal adalah modem yang ditempatkan di luar perangkat utama CPU. Modem ini terpisah dari PC dan dihubungkan melalui kabel LAN dan kabel USB, tergantung tipe modemnya. Modem eksternal dihubungkan ke komputer melalui port COM atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power (arus) dan menghubungkannya lagi ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik(arus). Penggunaan modem ini lebih rumit debandingkan modem internal.
Modem Internal
Modem internal merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Modem internal mempunyai kecepatan untuk melakukan download informasi rata-rata 56 Kbps. Modem internal mempunyai bentuk berupa card (mirip dengan VGA card). Sistem pemasangan modem ini lebih mudah dibandingkan dengan modem eksternal. Hal ini disebabkan karena modem internal langsung dipasang dalam mainboard dan juga tidak membutuhkan adaptor dengan kabel penghubung yang menghubungkan modem telepon.

Hub
Apa itu hub?
Hub adalah suatu alat pada jaringan yang secara konseptual tuh peroperasi pada layer 1 (Physical Layer). Maksudnya, hub gak nyaring nerjemahin sesuatu, cuman ngetahuin kecepatan transfer data dan susunan pin pada kabel.
Cara kerja alat ini adalah dengan cara ngirimin sinyal paket data ke seluruh port pada hub sehingga paket data tersebut diterima oleh seluruh komputer yang berhubungan dengan hub tersebut kecuali komputer yang mengirimkan.
Sinyal yang dikirimkan tersebut diulang-ulang walaupun paket data telah diterima oleh komputer tujuan. Hal ini menyebabkan fungsi colossion lebih sering terjadi.

Switch
Apa itu switch?
Switch merupakan suatu device pada jaringan yang secara konseptual berada pada layer 2 (Datalink Layer) dan ada yang layer 3 (Network Layer). Maksudnya, switch pada saat pengirimkan data mengikuti MAC address pada NIC (Network Interface Card) sehingga switch mengetahui kepada siapa paket ini akan diterima.
Jika ada collision yang terjadi merupakan collision pada port-port yang sedang saling berkirim paket data.

Router
Apa itu router?
Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai penghalaan/routing. Proses penghalaan terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari protokol tumpukan (stack protocol) tujuh-lapis OSI.

Access Point (AP)
Access point digunakan untuk melakukan pengaturan lalulintas jaringan dari mobile radio ke jaringan kabel atau dari backbone jaringan wireless client/server. Biasanya berbentuk kotak kecil dengan 1 atau 2 antena kecil. Peralatan ini merupakan radio based, berupa receiver dan transmiter yang akan terkoneksi dengan LAN kabel atau broadband ethernet. Saat ini beredar di pasaran adalah access point yang telah dilengkapi dengan raouter di dalamnya yang biasa disebut wireless router.

Ethernet Card/Lan Card
Ethernet Card atau Lan Card berfungsi sebagai media penghubung antara komputer dengan jaringan. Ada beberapa jenis port koneksi yang dapat digunakan. Jika didesain untuk kabel jenis coaxial, maka konektor yang dipakai adalah konektor BNC (Barrel Net Connector atau Bayonet Net Connector), sedangkan jika didesain untuk twisted pair, maka konektor yang dipakai adalah konektor RJ-45.

Bridge
Bridge adalah perangkat keras yang berfungsi hampir sama dengan fungsi repeater, tetapi bridge mampu menghubungkan antar jaringan yang menggunakan transmisi berbeda. Misalnya jaringan ethernet baseband dengan ethernet broadband.
Selain itu, bridge juga dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan tipe kabel atau pun topologi yang berbeda. Bridge dapat mengetahui alamat setiap komputer pada tiap-tiap jaringan.

Udah ah, itu aja. Capek.
Sampai jumpa lagi....!

Sumber:
http://tikom3.wordpress.com/2010/08/07/konektor-rj-45-dan-rj-11/
http://konfigurasi.yolasite.com/kabel-utp.php
http://ubed-ubloseven.blogspot.com/
http://romansyah2006.wordpress.com/2010/03/29/cara-memasang-kabel-utp-tipe-straight-dan-cross/
http://www.mypc-spot.com/2010/02/cara-memasang-kabel-utp-tipe-straight.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Modem
http://id.wikipedia.org/wiki/Modem_eksternal
http://chesarydptr.blogspot.com/
http://dini9h.blogspot.com/2011/02/modem-internal-modem-internal-merupakan.html
http://otakkacau.net/2011/03/29/perbedaan-hub-dan-switch-pengertian-hub-dan-switch/
http://id.wikipedia.org/wiki/Penghala
http://hendri.staff.uns.ac.id/2009/12/mengenal-access-point-ap/
http://kompi21.blogspot.com/
http://septiansite210108.blogspot.com/
http://aminsetyo.blogdetik.com/
http://www.ssos.com/

0 comments:

Post a Comment

Jangan lupa salam...